Silabus SKI MA Kurikulum 2013



Kompetensi Dasar
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
1.1. Meyakini bahwa Nabi Muhammad saw. adalah utusan Allah swt
Keyakinan terhadap kerasulan Muhammad saw
Membimbing keyakinan setiap muslim terhadap kerasulan Muhammad saw
Penilaian Diri
Penilaian Teman


2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan sabar  seperti dicontohkan Rasulullah saw. Pada awal permulaan Islam di Makkah
Perilaku jujur dan sabar Rasulullah saw pada masa awal Islam di Makkah
Membiasakan  perilaku jujur dan sabar seperti yang dicontohkan Rasulullah saw pada masa awal permulaan Islam di Makkah

Observasi
Catatan/Jurnal


3.1 Memahami  peradaban Masyarakat Makkah  sebelum Islam


4.1 Memaparkan kondisi masayarakat Makkah sebelum Islam
a. Keadaan bangsa Arab sebelum Islam
b.Sesembahan Masyarakat Makkah sebelum Islam
c. Budaya masyarakat Makkah sebelum Islam

Mengamati
·     Mengamati gambar orang yang berhubungan kepercayaan Bangsa Arab sebelum Islam
·     Menyimak penjelasan singkat dari guru tentang kondisi Bangsa Arab sebelum Islam
Menanya
·         Memberi komentar atau menanya terhadap gambar yang diamati.
·         Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·         Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
Mengeksplorasi
·      Menentukan sumber informasi berkaitan dengan peradaban Masyarakat MakkahsebelumIslam.
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang peradaban Masyarakat MakkahsebelumIslam.
Mengasosiasikan
·         Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar mengenai peradaban Masyarakat MakkahsebelumIslam.
·         Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan peradaban Masyarakat MakkahsebelumIslam.
Mengkomunikasikan
·       Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan peradaban Masyarakat MakkahsebelumIslam.
·       Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuannya  tentangperadaban Masyarakat MakkahsebelumIslam.
Tugas:
·  Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang peradaban Masyarakat MakkahsebelumIslam.
·  Diskusi kelompok membahas tentang peradaban Masyarakat MakkahsebelumIslam.
·  Mempresentasikan hasil tentang peradaban Masyarakat MakkahsebelumIslam.
Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.
Portofolio,
Guru menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian informasi tentang peradaban Masyarakat MakkahsebelumIslam
Tes Tulis/Lisan
Guru menilai proses dan hasil belajar secara individu tentang peradaban Masyarakat MakkahsebelumIslam
2 TM
(45 x 4)
·  Buku Pedoman Guru Mapel SKI  MA, Kemenag RI, 2014

·  Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MA, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjemahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Buku Paket SKI MA Kurikulum 2013

MODUL KELAS 10 SEMESTER 1

KISI-KISI & LATIHAN SOAL SKI