Silabus SKI MA Kurikulum 2013
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1.1. Meyakini bahwa Nabi Muhammad saw. adalah utusan Allah swt
|
Keyakinan terhadap kerasulan Muhammad saw
|
Membimbing keyakinan setiap muslim terhadap
kerasulan Muhammad saw
|
Penilaian Diri
Penilaian Teman
|
||
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan sabar seperti dicontohkan Rasulullah saw. Pada
awal permulaan Islam di Makkah
|
Perilaku jujur dan sabar Rasulullah saw pada masa awal Islam di Makkah
|
Membiasakan perilaku jujur dan sabar seperti yang
dicontohkan Rasulullah saw pada masa awal permulaan Islam di Makkah
|
Observasi
Catatan/Jurnal
|
||
3.1 Memahami peradaban
Masyarakat Makkah sebelum Islam
4.1 Memaparkan kondisi masayarakat Makkah sebelum Islam
|
a.
Keadaan bangsa Arab sebelum Islam
b.Sesembahan Masyarakat Makkah sebelum Islam
c.
Budaya masyarakat Makkah sebelum Islam
|
Mengamati
· Mengamati gambar orang yang berhubungan
kepercayaan Bangsa Arab sebelum Islam
· Menyimak penjelasan singkat dari guru
tentang kondisi Bangsa Arab sebelum Islam
Menanya
·
Memberi
komentar atau menanya terhadap gambar yang diamati.
·
Guru
mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·
Guru
memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
Mengeksplorasi
·
Menentukan
sumber informasi berkaitan dengan peradaban Masyarakat MakkahsebelumIslam.
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang peradaban Masyarakat MakkahsebelumIslam.
Mengasosiasikan
·
Merumuskan
kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar mengenai peradaban Masyarakat MakkahsebelumIslam.
·
Menganalisis
hasil temuannya berkaitan dengan peradaban Masyarakat MakkahsebelumIslam.
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan
kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan peradaban Masyarakat MakkahsebelumIslam.
·
Menyampaikan
hasil belajar atau hasil temuannya
tentangperadaban Masyarakat MakkahsebelumIslam.
|
Tugas:
· Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang peradaban Masyarakat MakkahsebelumIslam.
· Diskusi kelompok membahas tentang peradaban Masyarakat MakkahsebelumIslam.
· Mempresentasikan hasil tentang peradaban Masyarakat MakkahsebelumIslam.
Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam
kelas atau saat mengerjakan tugas.
Portofolio,
Guru menilai hasil pekerjaan individu
maupun kelompok tentang pencarian informasi tentang peradaban Masyarakat MakkahsebelumIslam
Tes Tulis/Lisan
Guru menilai proses dan hasil belajar
secara individu tentang peradaban Masyarakat MakkahsebelumIslam
|
2 TM
(45 x 4)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel SKI MA, Kemenag RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MA, Kemenag RI, 2014
· Al-Qur’an dan Terjemahanya
· Buku penunjang lainnya yang relevan
· Media cetak dan elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung
|
Komentar
Posting Komentar